5 Jenis Kulit Wajah Yang Wajib Diketahui

Cara Melakukan Perawatan Kulit Berdasarkan Jenis Wajah



Kulit wajah merupakan area sensitif, untuk itu anda perlu mengenal terlebih dahulu seperti apa jenis kulit anda agar anda tidak salah dalam memilih produk perawatan wajah.

Kulit wajah sendiri terbagi menjadi beberapa kategori atau jenis yakni diantaranya adalah jenis kulit wajah normal, jenis kulit wajah kering, jenis kulit wajah kombinasi, jenis kulit wajah berminyak, jenis kulit wajah sensitif. 

Jenis wajah sendiri tidak selalu bersifat tetap maksud nya suatu saat jenis kulit wajah anda dapat berubah seiring berjalan nya usia atau juga dikarenakan faktor lain misal nya karena penyakit yang sedang anda derita, atau juga karena faktor genetik anda.

Mengenal Jenis Kulit Wajah dan Perawatan Yang Tepat


1. Jenis Kulit Wajah Normal
Untuk anda yang memiliki jenis kulit wajah yang normal anda patut bersyukur karena mendapatkan jenis kulit wajah ini, kulit wajah normal memiliki keseimbangan jumlah kandungan air dan jumlah kandungan minyak yak cukup bagus, sehingga kondisi kulit yang dimiliki jenis kulit wajah normal cenderung tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu berminyak.

Tidak hanya itu jenis wajah normal ini juga jarang sekali memiliki masalah kulit, kulit wajah ini bersifat tidak sensitif bahkan pori-pori pada jenis wajah ini mempunyai pori-pori yang hampir tidak terlihat dan wajahnya pun terlihat bercahaya.

Lalu bagaimana caranya merawat kulit wajah normal ? Jenis kulit wajah normal cenderung lebih mudah untuk dirawat, anda hanya perlu mendapatkan produk perawatan wajah untuk kondisi kulit normal. Untuk itu rawatlah kulit wajah anda dengan baik dan dengan hati-hati, pilihlah produk pembersih wajah yang lembut dan tidak terlalu kasar. Apabila anda merasakan kondisi kulit sedikit bermasalah seperti kulit menjadi kering setelah mencoba produk perawatan wajah, berhenti menggunakan produk tersebut dan coba lah untuk menggantinya dengan produk lainnya.

2. Jenis Kulit Wajah Kering
Kondisi untuk jenis wajah kering biasanya kurang memiliki kelembapan pada bagian terluar kulit wajah, hal ini dapat menyebabkan kulit terlihat seperti memiliki retakan dan cenderung terasa kering saat disentuh. Pori-pori pada jenis wajah ini cenderung tidak terlihat, dan pada permukaan luar kulit cenderung terlihat kasar dan kusam.
Perawatan untuk jenis wajah kering dapat dilakukan dengan cara : 

  • Menggunakan produk pembersih wajah yang lembut, tidak mengandung alkohol dan wangi-wangian.
  • Jangan membersihkan area wajah menggunakan air hangat dengan waktu yang lama.
  • Gunakanlah produk pembersih wajah yang dapat membuat kulit anda menjadi lembap.
  • Selalu gunakan pelembap wajah setelah selesai mencuci muka anda, kami menyarankan gunakan pelembap wajah khusus untuk kondisi kulit yang kering.


3. Jenis Kulit Wajah Sensitif
Jenis kulit wajah sensitif cenderung mudah iritasi ataupun alergi, tidak hanya itu kulit wajah ini sangat mudah mengalami kemerah-merahan, kering, gatal, serta pengelupasan.
Perawatan yang dapat dilakukan untuk jenis kulit sensitif dapat dilakukan dengan cara menggunakan produk pembersih wajah yang lembut dan setelah itu basuh wajah anda menggunakan air yang hangat. Jangan menggosok wajah anda ketika sedang menggunakan produk perawatan wajah, dan jangan menggunakan produk perawatan wajah yang memiliki kandungan alkohol, wangi-wangian, dan asam.

4. Jenis Kulit Wajah Berminyak
Jenis kulit wajah ini biasanya dikarenakan produksi sebum dari kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak. Sebum adalah zat minyak yang berasal dari lemak, dan sebaceous atau kelenjar minyak adalah kelenjar yang letaknya berada dibawah permukaan kulit. Sebum berfungsi untuk melindungi kulit wajah dan melembapkan kulit wajah, tidak hanya itu sebum juga dapat menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak, pori-pori tersumbat, dan juga jerawat. Jenis kulit wajah ini cenderung memiliki pori-pori yang besar, biasanya disertai noda hitam, komedo, kondisi wajah ini biasanya terlihat berkilau dan kusam.
Beberapa cara merawat kulit wajah berminyak : 

  • Jangan menggunakan produk pembersih wajah yang mengandung deterjen, gunakanlah produk pembersih wajah yang lembut dan mengandung gliserin, Serta bersihkan lah wajah anda dengan rutin.
  • Hindarilah jenis-jenis makanan yang tidak sehat seperti makanan gorengan, makanan olahan, dan makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi.
  • Hindari penggunaan make up saat kondisi kulit terlalu berminyak. Serta carilah produk kecantikan yang cenderung tidak menyumbat pori-pori.
  • Gunakanlah produk pelembap wajah yang terbebas dari minyak.
  • Gunakanlah masker wajah untuk jenis kulit wajah berminyak seperti masker madu, masker telur-lemon, masker lidah buaya dsb.

5. Kulit Wajah Kombinasi
Jenis kulit ini ialah jenis kulit yang memiliki perpaduan antara jenis kulit kering dan berminyak. Jenis kulit ini biasanya memiliki kulit berminyak di area dagu, hidung, dan dahi (zona T), sementara itu pipi pada jenis wajah ini biasanya bersifat kering.

Untuk merawat jenis kulit ini biasanya dibutuhkan beberapa jenis perawatan yang berbeda, misalnya pembersih ringan dan pelembab di perlukan di area pipi, sementara itu produk anti jerawat diperlukan di area T.

Itulah beberapa jenis kulit yang kami ketahui, jika memang perawatan kulit yang selama ini telah anda lakukan masih memiliki dampak yang tidak baik untuk kulit wajah anda, kami menyarankan untuk pergi ke dokter spesialis kulit agar mendapatkan saran yang tepat dari dokter.

Administrator
Administrator Bermodalkan nekat dan ilmu pengetahuan berdasarkan pengalaman pribadi, saya memberanikan diri untuk tampil ke publik dalam hal memberikan layanan informasi dan tutorial.

Tidak ada komentar untuk "5 Jenis Kulit Wajah Yang Wajib Diketahui"