Cara Membuat Cairan Desinfektan Untuk Covid 19 Standart WHO

Cara Membuat Cairan Desinfektan Sendiri Dengan Standart WHO



Covid 19 merupakan virus yang sangat berbahaya bagi tubuh kita, berbagai macam hal disarankan dalam mencegah penyebaran Covid 19 yang merupakan janis virus baru yang saat ini telah merambat di indonesia ini.

Pemerintah Indonesia Bapak Joko Widodo menghimbau kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran dan penularan Virus Corona yaitu dengan cara melakukan Physical Distancing. Di sisilain kita sendiri harus benar-benar menjaga kebersihan baik tubuh ataupun lingkungan kita.

Baca juga : Informasi Lengkap Covid-19 Tanpa Hoax!!!

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan yakni dengan cara menyemprotkan cairan desinfektan untuk membunuh virus corona yang terdapat pada sekitar lingkungan kita. Berikut ini adalah pembahasan tentang bagaimana cara membuat cairan desinfektan.

Cara Membuat Cairan Desinfektan

1. Menggunakan Cairan Pemutih 



Bahan yang diperlukan untuk membuat cairan desinfektan sebenarya hanya terdapat 2 bahan utama yaitu cairan pembersih dan air.

Dalam pembuatan desinfektan dengan bahan pemutih (sodium hipoklorit) kita harus mencampurkan nya dengan air, dengan cara mencampurkan pemutih pakaian dan air bersih dengan perbandingan 1:100 seperti halnya yang dianjurkan oleh WHO "pengenceran 5% sodium hipoklorit dengan perbandingan 1:100, Gunakan 1 bagian bahan pemutih untuk 99 air ledeng dingin (pengenceran 1:100) untuk desinfeksi permukaan. Dari informasi di atas dapat kita simpulkan dengan seksama bahwasannya untuk membuat 1 Liter desinfektan, kita hanya perlu memberikan 10-15ml cairan pemutih pakaian.

2. Menggunakan Cairan Pembersih Lantai


Bahan ini memiliki tingkat bahan aktif yang sedikit lebih rendah dari cairan pemutih pakaian, sehubungan dengan hal ini maka alangkah baiknya saat membuat cairan desinfektan menggunakan bahan pembersih lantai ini dianjurkan agar perbandingan antara air dan cairan pembersih tidak terlalu jauh berbeda. Takaran yang digunakan yaitu 10 tutup botol cairan pembersih lantai untuk 1 liter airnya. Dengan begitu akan mendapatkan konsentrasi minimal 0,5% bahan aktif agar efektif untuk digunakan sebagai desinfektan.

Untuk menetralkan bau karbol yang menyengat, kita dapat menambahkan cairan pewangi misalnya air rebusan sirih.

Perlu di ingat, sampai saat ini sangat banyak berita tentang cara pembuatan menggunakan 2 bahan tersebut dengan cara mencampurkan kedua bahan itu. Dan sampai saat artikel ini di terbitkan kami belum sama sekali menemukan sumber dari seorang dokter bahwasannya untuk membuat desinfektan harus mencampurkan kedua bahan tersebut, begitu juga peringatan yang tertera pada kemasan bayclin tentang larangan pencampuran bayclin dengan bahan aktif lainnya yang nantinya akan menyebabkan terciptanya zat aktif.

Cara Menggunakan Cairan Desinfektan

Dalam menggunakan cairan ini kita dapat menggunakannya dengan cara menyemprotkan nya ke benda-benda yang sering bersentuhan oleh manusia, misalnya gagang pintu, kenalpot, saklar lampu, keran.

Sekian tutorial cara membuat cairan desinfektan ini tetap jaga kesehatan dan jangan lupa untuk tetap #Dirumahaja, menghimbau kepada seluruh pengunjung agar tidak menyetok persediaan bahan cairan desinfektan karena saudara dan tentangga-tetangga kita juga membutuhkan cairan tersebut untuk menjaga keluarga mereka dan juga jangan lupa agar cairan desinfektan ini agar tidak digunakan untuk tubuh, karena akan menimbulkan efek kurang baik bagi orang yang sensitif dengan bahan-bahan pada cairan pemutih :).

Administrator
Administrator Bermodalkan nekat dan ilmu pengetahuan berdasarkan pengalaman pribadi, saya memberanikan diri untuk tampil ke publik dalam hal memberikan layanan informasi dan tutorial.

Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat Cairan Desinfektan Untuk Covid 19 Standart WHO"