Informasi Lengkap COVID-19 Tanpa HOAX!!!


Pentingnya Informasi Tentang Coronavirus


Apa itu Corona Virus ? Menurut WHO Coronavirus adalah sekumpulan virus yang bisa menimbulkan penyakit pada mahluk hidup ( manusia atau hewan ). Coronavirus ini merupakan salah satu jenis virus baru yang menyerang bagian pernafasan manusia.

Virus ini dapat tinggal di berbagai tempat yang sering tersentuh oleh manusia, contohnya : gagang pintu, handphone, korek api, lemari, remot televisi, saklar lampu dsb. Belum diketahui pasti berapa lama virus dapat bertahan hidup diluar bagian tubuh manusia, dan perlu diketahui virus corona merupakan virus dimana sifat dari virus adalah parasit.

Virus hanya dapat berkembang biak apabila virus telah menemukan tempat didalam tubuh mahluk hidup. Virus tidak dapat bergerak di luar tubuh mahluk hidup, dan virus tidak dapat bertahan hidup lama jika virus belum menemukan tempat untuk berkembang biak.

Lantas bagaimana virus dapat berpindah tempat dan masuk ke tubuh manusia? Virus dapat berpindah tempat melalui sentuhan pada benda atau terkena dahak yang telah terpapar virus corona. 


COVID-19 Merupakan penyakit yang disebabkan oleh Coronavirus, penyakit ini bersifat menular dan penyakit ini menyerang bagian pernafasan manusia ataupun hewan. Penyakit ini ditemukan pertama kali di Wuhan, Tiongkok pada bulan Desember 2019.

COVID-19 merupakan penyakit berbahaya yang saat ini sedang menjadi wabah besar di indonesia. Virus corona ini berbentuk cair dan menular melalui sentuhan ataupun melalui cairan yang dikeluarkan oleh manusia melalui mulut atau hidung saat mereka sedang batuk dan bersin. Perlu di ingat berdasarkan informasi tentang Coronavirus di atas maka dapat di simpulkan bahwa penyakit COVID-19 tidak dapat menular dan masuk kedalam tubuh melalui paparan udara. 

Kenapa virus ini dapat masuk ke indonesia, ada beberapa kemungkinan yang dapat kami katakan yakni yang pertama ialah virus ini masuk ke indonesia dikarenakan terdapat warga indonesia yang telah pergi keluar negeri dan saat di luar negeri mereka tertular viruscorona ini. Dan yang kedua ialah virus ini menyebar ke indonesia dikarenakan terdapat beberapa Warga Negara Asing yang telah tertular COVID-19 dan kebetulan mereka tengah berlibur ke indonesia. Hal ini merupakan hal yang wajar dikarenakan indonesia memiliki keindahan alam yang cukup bagus sehingga menarik perhatian WNA untuk berlibur ke indonesia.

Baca Juga : Cara Ampuh Agar Terhindar Dari COVID-19

Beberapa istilah yang wajib kita pahami sebagai bekal pengetahuan kita untuk menghindari berita-berita hoax yang terdapat di sosial media.

1. Orang Dalam Pemantauan ( ODP )
ODP merupakan sebutan untuk WNI ataupun WNA yang pernah memasuki dan singgah di suatu wilayah yang dimana di wilayah tersebut sedang terjangkit wabah Coronavirus. Tidak hanya itu istilah ODP ini juga merupakan sebutan untuk orang-orang yang pernah melakukan kontak fisik dengan orang yang diduga sedang terjangkit COVID-19.

2. Pasien Dalam Pengawasan ( PDP )
PDP merupakan sebutan untuk orang yang sedang mengalami gejala-gejala dari COVID-19, Gejala-gejala yang di timbulkan dari penyakit COVID-19 yakni :
     a. Demam Tinggi
     b. Batuk Kering
     c. Sesak Nafas
Dalam hal ini perlu kami tegaskan bahwasan nya PDP ini bukan lah suatu istilah yang dapat membuktikan bahwa pasien tersebut telah terjangkit COVID-19 atau positif Corona.

3. Suspect Corona
Suspect Corona merupakan istilah untuk orang-orang yang memiliki indikasi gabungan dari ODP dan PDP, orang-orang yang terindikasi Suspect Corona bukan berarti orang tersebut telah terjangkit COVID-19 atau Coronavirus. Untuk mendapatkan kepastian apakah orang tersebut telah terjangkit COVID-19 masih perlu dilakukan beberapa tes medis lagi, dan sampai saat artikel ini diterbitkan tes medis ini hanya dapat dilakukan oleh dokter-dokter di rumah sakit rujukan, jadi dapat kami simpulkan bahwa untuk mendapatkan informasi tentang positif corona atau tidaknya pada pasien hanya dapat di informasikan dari rumah sakit - rumah sakit rujukan saja bukan puskesmas ataupun pusdik.

4. Confirm
Confirm merupakan status pasien paling tinggi dan Confirm merupakan hasil dari tes medis pada istilah Suspect Corona, setelah tes di atas dilakukan oleh pihak medis maka hasil tes akan memiliki hasil yakni positif atau negatif. Jika hasil tes dari pasien adalah positif maka pasien akan mendapatkan perawatan medis dibawah pantauan rumah sakit selama 14 Hari dan juga nantinya pasien akan menjalani tes medis lanjutan, tapi apabila hasilnya ialah negatif maka pasien diperbolehlan pulang dan pasien akan kembali terindikasi sebagai PDP selama 14 Hari.

Itulah beberapa informasi seputar COVID-19, kami harap informasi ini dapat menjadi informasi yang berguna. Keep Safe #Dirumahaja, kita dukung sama-sama program pemerintah untuk mengakhiri penyebaran dari penyakit COVID-19.

Administrator
Administrator Bermodalkan nekat dan ilmu pengetahuan berdasarkan pengalaman pribadi, saya memberanikan diri untuk tampil ke publik dalam hal memberikan layanan informasi dan tutorial.

Tidak ada komentar untuk "Informasi Lengkap COVID-19 Tanpa HOAX!!!"