Tips Generasi Muda Dalam Menangani Wabah COVID-19

Peran Mahasiswa Untuk Mengurangi Penularan COVID-19


Penyakit COVID-19 di indonesia kini semakin bertambah dan semakin menjadi-jadi, penyakit yang ditemukan pertama kali pada Desember 2019 ini merupakan momok yang sangat menakutkan bagi masyarakat. Hal ini mengakibatkan kepanikan besar bagi masyarakat sekitar terlebih lagi semakin benyaknya berita-berita yang belum tentu akan kebenaran nya di sosial media yang membuat masyarakat semakin takut akan wabah ini.

Keluarga dan Desa adalah lingkungan pertama yang wajib kita jaga, apabila setiap desa di indonesia ini terjaga kebersihan nya dan taat dengan peraturan pemerintah maka bukan mustahil desa akan bersih dan aman dari wabah COVID-19, Dan keluarga kita pun juga pasti aman nantinya.

Dalam menangani wabah COVID-19 di desa bukan lah hal yang mudah untuk dijalankan dikarenakan hal ini membutuhkan tenaga yang cukup banyak dari masyarakat yang meliputi tokoh masyarakat, pemuda desa atau karang taruna, mahasiswa, dan warga desa. Tidak hanya tenaga ini juga membutuhkan kerja sama yang cukup agar program desa anti COVID-19 ini dapat berjalan dengan lancar.

Informasi adalah dasar yang penting untuk mengatasi wabah COVID-19 ini, dengan informasi yang tepat maka kita dapat mengurangi penularan COVID-19 dengan benar. Disisi lain informasi juga merupakan dasar yang harus dimiliki seseorang dalam mengatasi permasalahan, dan ini juga berlaku untuk COVID-19 ini.

Bagi masyarakat generasi muda haruslah memiliki bekal informasi yang cukup dan tepat agar desa dan keluarga tidak mendapatkan informasi yang kurang, dan belum pasti kebenaran nya mengingat di zaman sekarang ini sangat banyak masyarakat yang telah memiliki sosial media yang dimana didalam nya juga banyak berita-berita hoax yang disebarkan di grup-grup wa ataupun grup-grup facebook.

Baca Juga : Informasi Lengkap COVID-19 Tanpa Hoax!!!

Dalam permasalahan ini generasi muda lah yang memiliki kesempatan paling tinggi dalam menghindarkan masyarakat dari informasi yang kurang benar. hal ini dikarenakan generasi muda merupakan barisan orang-orang yang mengetahui lebih banyak tentang informasi di sosial media dan internet mengingat di zaman ini mereka lebih berpengalaman berselancar di internet. Generasi muda bukan hanya berperan dalam memberikan kebenaran informasi tapi juga ikut merencanakan kegiatan dan ikut hadir dalam kegiatan mengingat di umur yang masih muda ini mereka memiliki kekuatan yang lebih unggul dibanding masyarakat lainnya.

Dengan bekal informasi yang cukup bagus dari mereka maka perencanaan kegiatan pastinya akan mendapatkan hasil perencanaan yang apik yang nantinya dapat membantu pemerintah untuk mengurangi penularan penyakit COVID-19 ini. Beberapa tips yang mungkin di butuhkan oleh masyarakat untuk membantu program pemerintah dalam mengurangi penularan COVID-19.

1. Informasi COVID-19
Seperti yang telah kami sampaikan informasi merupakan hal yang sangat dibutuhkan agar masyarakat sekitar tidak sampai menerima informasi yang salah dari COVID-19 ini. Bukan hanya itu sebelum kita melakukan kegiatan pencegahan COVID-19 kita selaku generasi muda dan tokoh masyarakat yang berperan aktif dalam menghentikan penularan COVID-19 di desa sangat-sangat membutuhkan informasi yang tepat untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang akan dijalanlan.

Baca Juga : Cara Ampuh Menghindari COVID-19

2. Physical Distance
Physical Distance merupakan himbauan yang di berikan oleh pemerintah agar masyarakat terhidar dari COVID-19, Physical Distance adalah himbauan agar masyrakat menjaga jarak dengan orang lain saat berinteraksi dengan jarak minimal 1 Meter. Dengan menerapkan ketertipan Physical Distance ini nantinya akan menurunkan presentase tertularnya masyarakat oleh COVID-19.

3. Sarana Keamanan 
Seperti halnya yang telah dilakukan oleh pemerintah, kita dapat mempersiapkan sarana keamanan berupa tempat untuk mencuci tangan di area-area desa yang sering dijadikan tempat berkumpul seperti masjid, musolah dsb.

4. Pembersihan desa
Pembersihan desa ini dilakukan untuk membersihkan bagian-bagian yang sering tersentuh oleh tangan masyarakat desa menggunakan cairan disinfektan, pembersihan desa ini dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan bagian-bagian desa yang telah terpapar oleh coronavirus. Dengan cara ini virus akan mati dan apabila desa akan bersih dari coronavirus.

Baca Juga : Cara Membuat Cairan Disinfektan Standart WHO

5. Perketat Desa
Memperketat desa ini maksudnya adalah menutup semua jalur dan disisakan dengan jalur utama desa saja, bukan hanya penutupan tapi juga memberukan sarana penjagaan dan pembersihan kepada masyarakat yang masuk kedalam desa dengan begitu sitap warga yang telah beraktivitas diluar desa nantinya akan bersih dari coronavirus saat masuk kedalam desa.

6. Memberikan Himbauan
Memberikan himbauan ini maksudnya adalah memberikan informasi kepada masyarakat tentang cara menghindari coronavirus dengan cara :

  • Memberikan informasi COVID-19 (menggunakan brosur atau poster)
  • Memberikan Informasi tentang cara menghindari COVID-19 (menggunakan brosur atau poster)
  • Memberikan resep pembuatan disinfektan (menggunakan brosur atau poster)
  • Memberikan cara mencuci tangan (menggunakan brosur atau poster)
  • Memberikan informasi tentang gejala COVID-19, dan melakukan pelaporan jika merasakan gejala tersebut. (Menggunakan brosur atau poster)
  • Memberikan informasi seputar ODP, PDP, Suspect, Confirm dsb. (Menggunakan brosur atau poster)

Sebelum melakukan hal tersebut kita sebagai panitia dalam mengurangi penularan COVID-19 di desa wajib memastikan apakah informasi yang akan diberikan merupakan informasi yang tepat.

7. Menyiapkan Wilayah Karantina
Ini merupakan cara yang cukup bagus yakni dengan cara menyiapkan lokasi bagi masyarakat yang telah pulang kampung dari perkotaan yang sedang berada di zona merah, dan wilayah karantina ini juga dapat digunakan sebagai tempat untuk karantina masyarakat yang sedang mengalami gejala-gejala penyakit COVID-19. Hal ini juga dapat memberikan kemudahan bagi pihak medis dalam melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang ter-indikasi suspect COVID-19 agar mendapatkan tindakan lanjutan dari pihak medis.

Inilah beberapa tips dari kami dan kebetulan saat ini telah kami kerjakan di desa, dengan cara berjuang bersama seperti ini kami yakin penularan wabah ini pasti akan berhenti dengan cepat jika setiap desa melakukan hal yang sama dengan kami. Semangat teman-teman ayo kita lawan COVID-19 bersama-sama, kita sebagai warga ber perang di desa, dokter ber perang di rumah sakit, pihak PLN ber perang di bidang nya agar rumah sakit tidak sampai kekurangan listrik, pihak PDAM ber perang di bidang nya agar air yang mereka salurkan kepada warga dapat terjaga dengan baik, begitupun juga pada bidang-bidang lainnya.

Administrator
Administrator Bermodalkan nekat dan ilmu pengetahuan berdasarkan pengalaman pribadi, saya memberanikan diri untuk tampil ke publik dalam hal memberikan layanan informasi dan tutorial.

Tidak ada komentar untuk "Tips Generasi Muda Dalam Menangani Wabah COVID-19"