9 Cara Memperbaiki Pola Tidur Tidak Teratur


Terbukti Efektif Menjaga Pola Tidur


Pola tidur yang berantakan merupakan gangguan yang cukup menyebalkan bagi kita, ketidak teraturan pola tidur ini dapat mengakibatkan kita susah untuk tidur pada waktunya. Dimana menurut kesehatan medis jangka waktu yang baik untuk mengistirahatkan tubuh adalah sekitar 7-9 jam per hari, dan jam tidur yang normal adalah dari jam 10 malam hingga jam 6 pagi. Jika pola tidur yang berantakan di biarkan dan bahkan jika sudah menjadi kebiasaan maka kesehatan kita yang akan merasakan dampaknya.

Rutinitas atau kesibukan sehari-hari merupakan faktor utama yang mengakibatkan pola tidur ini jadi berantakan terutuma untuk orang-orang dewasa, dimana mereka memiliki tanggung jawab yang harus diselesaikan yang mengakibatkan mereka harus menyisihkan waktu tidur untuk produktifitas mereka.

Rutinitas dan kewajiban memang sudah seharusnya kita kerjakan, akan tetapi bukan berarti kita harus menggeser waktu tidur kita. Berikut beberapa tips dari kami agar pola tidur anda dapat menjadi teratur kembali.

1. Membuat jadwal
Jadwal merupakan hal yang harus dibuat dalam keseharian, seperti halnya anda membuat jadwal untuk rutinitas anda. Jam sekian anda waktunya makan, jam sekian anda waktunya mengerjakan ini, jam sekian anda waktunya mengerjakan itu dst.

Begitupun dengan waktu tidur, anda patut menjadwal, anda harus tidur jam berapa dan bangun jam berapa, dan jangan sampai anda tidur di waktu yang salah. Mungkin memang benar bahwasanya saya sudah membuat tapi saya tidak bisa beristirahat ketika jam istirahat sudah saya tentukan.

Akan tetapi itu bukan merupakan alasan yang patut anut, tidur ataupun tidak setidaknya tetaplah fokus bahwasannya di jam ini saya harus istirahat dan saya tidak boleh melakukan aktifitas lain.

2. Konsisten
Konsisten itu penting, kita tidak dapat mendapatkan hasil yang pasti jika kita baru mencoba kemudian kita menyerah. Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya tak perduli anda bisa tidur atau tidak yang penting anda harus istirahat dikarenakan memang sudah jam nya istirahat, dan anda jangan melakukan kegiatan produktif di jam tersebut.

Susah bang, memang susah tapi harus di paksakan, kebiasaan akan timbul jika kita terus konsisten akan hal ini.

3. Jangan Tidur Jika Bukan Waktunya
Gunakan waktu sebaik mungkin guys, jika sekarang bukan jam untuk tidur maka jangan tidur. Se ngantuk apapun kalian, selelah apapun kalian usahakan jangan tidur, karena belum jamnya.

Hal ini akan memberikan rasa kantuk dan ketidak fokus an akan kegiatan produktif anda, tapi percayalah ini hanya awal, awal untuk memperbaiki proses tidur. Bertahan lah semua akan segera terlalui.

4. Cara tidur
3 point sudah kalian dapatkan dan kalian sudah melakukannya, tapi masi susah tidur. Nah disini barulah kita mencari cara agar bisa tidur. Di sisilain kalian pasti masih menyimpan rasa kantuk karena kemarin atau dari beberapa hari kalian belum tidur.

Nah disinilah saatnya kalian benar-benar memulai, kalian harus segera tidur jika jam menunjukkan ini adalah waktu untuk tidur. Carilah cara agar kalian dapat tidur dengan nyenyak, dan ingat baik-baik. Sengantuk apapun kalian bangunlah dari tidur kalian jika jam sudah menunjukkan bahwa waktu istirahat kalian sudah selesai.

Tips Membantu Proses Istirahat


5. Kenyamanan Ruangan
Tempat yang nyaman dapat membuat anda menjadi cepat untuk beristirahat, dengan kenyamanan ini anda akan merasakan tempat ini adalah tempat yang nyaman dan akan menjadi tempat yang saya rindukan saat kegiatan produktif berlangsung.

6. Pola Makan
Pola makan ini cukup membantu loh guys, bahkan sebagian orang ada yang tidak dapat istirahat jika perutnya dalam keadaan kosong. Maka dari itu jaga pola makan kalian guys, dan jangan lupa 4 Sehat 5 Sempurna yah guys agar nutrisinya juga terpenuhi.

7. Membersihkan Diri
Sebelum tidur alangkah baiknya kita membersihkan diri, seperti halnya yang telah di anjurkan oleh rasulullah agar berwudhu sebelum tidur. Hal ini akan membuat kamar tidur anda bersih dari debu-debu yang sedang anda bawa, dan pastinya anda akan merasa nyaman saat berada di tempat tidur. Kan sayang dong, ruangan udah nyaman, pola makan sudah terjaga eh waktu masuk ke tempat tidur kaki masih merasakan debu-debu yang membuat anda harus terbangun lagi dari tempat tidur.

8. Jangan Beraktifitas (Main HP)
Jangan melakukan aktifitas saat sedang berbaring di atas tempat tidur, hal ini dapat membuat rasa ketertarikan kalian timbul guys, jangan pernah pegang HP atau aktifitas lain saat proses tidur sedang berlangsung.

9. Berdo'a
Doa adalah hal yang cukup efektif, dengan doa anda akan merasa aman akan gangguan hal-hal yang negatif.

Nah itu tadi adalah tips-tips dari kami tentang cara menjaga pola tidur, semangat yah guys. Terus di coba jangan mengeluh, pasti terbiasa kok :).
Administrator
Administrator Bermodalkan nekat dan ilmu pengetahuan berdasarkan pengalaman pribadi, saya memberanikan diri untuk tampil ke publik dalam hal memberikan layanan informasi dan tutorial.

Tidak ada komentar untuk "9 Cara Memperbaiki Pola Tidur Tidak Teratur"