Wajib Diketahui 4 Cara Merawat Battery Laptop dan Cara Cek Kesehatan Battery Laptop

Direkomendasikan!!, Cara Mengetahui Kesehatan Battery Laptop Serta Cara Merawatnya 

Pada era sekarang ini laptop adalah salah satu alat yang tidak dapat lepas dari manusia, terlebih lagi untuk para manusia yang memiliki bidang pekerjaan Administrasi, Programmer, Desainer, dsb.

Kerusakan pada komponen laptop sering kali terjadi, hal ini dikarenakan sensitivitas dari perangkat laptop itu sendiri. Kerusakan laptop memiliki banyak ragam, salah satunya adalah kerusakan pada battery laptop. 

Seperti yang telah kita ketahui, battery laptop adalah sumber arus listrik dari laptop. Mengingat laptop adalah salah satu alat yang memiliki sensitivitas yang cukup tinggi, maka ada baiknya kita perlu mengetahui kondisi dan cara merawat baterai laptop kesayangan kita. 

Karena sampai saat ini penulis belum pernah mendengan bahwa ada instansi service laptop dan komputer yang memperbaiki battery laptop, kebanyakan dari mereka lebih memilih mengganti battery laptop apa bila terdapat kejanggalan pada battery laptop tersebut. 

Cara Cek Kondisi Battery Laptop terbilang cukup mudah, kita hanya perlu melakukan beberapa langkah saja untuk mengetahui hal tersebut. Langsung saja yuk kita lanjut, Gimana Sih Cara Cek Kondisi Kesehatan Battery Laptop kesayangan kita.

Cara Cek Kesehatan Battery Laptop

  1. Tekan Windows + R
    Ini adalah langkah pertama nya, kita harus masuk dulu ke halaman Battery Report kita, caranya adalah dengan cara tekan tombol "Windows + R" secara bersamaan.

  2. Masuk Command Prompt
    Pada kolom yang telah tersedia kita isikan dengan text "CMD", Setelah itu silahkan tekan tombol "CTRL+Shift+Enter" pada keyboard. Jika sudah kita akan langsung masuk tuh ke halaman Command Prompt kita.

  3. Cari Alamat Halaman Battery Report
    Pada halaman Command Prompt kita tinggal ketikkan saja text "powercfg /batteryreport" dan kemudian tekan Enter.

  4. Hasil Cari Alamat
    Setelah kalian melakukan langkah ke-3 di atas, maka kalian akan mendapatkan nih alamat dari battery report kalian. 

  5. Copy Alamat
    Kalian copy saja alamatnya dengan cara Klik dan Tahan kemudian geser hingga alamat/link nya habis, setelah itu Tekan Tombol CTRL+C

  6. Buka Browser dan Tempel Alamat
    Setelah kalian Copy link/alamat Battery Report kalian, maka silahkan buka browser kalian "Disini penulis menggunakan browser Google Chrome" setelah itu tempel/paste alamat yang telah di Copy pada langkah ke-5 dengan cara "Klik Kanan => Paste/Tempel".

  7. Halaman Battery Report
    Nah sekarang kita sudah masuk nih di halaman battery report kita, kita tinggal Cek aja sekarang gimana sih kondisi battery kita. Untuk halaman Battery Report tampilan nya akan seperti gambar di bawah ini.

  8. Cek Kapasitas Battery
    Cek kapasistas battery kalian dengan cara membandingkan jumlah atau ukuran dari Design Capacity dengan Kondisi Full Charge Capacity Battery kalian.

    Apabila nilai dari keduanya sama atau tidak memiliki perbedaan yang jauh, maka dapat dikatakan bahwa kondisi battery kalian sehat. Jika nilai dari keduanya memiliki nilai perbedaan yang cukup jauh, maka dapat di simpulkan bahwa kondisi kesehatan battery laptop kalian kurang baik.

  9. Cek Kondisi Waktu Kesehatan Battery 
    Kalian silahkan scroll ke bagian paling bawah, kemudian silahkan cek angka pada Since OS Instal. Ini maksudnya adalah kondisi waktu penggunaan dari battery kalian, bila angka yang ada pada tabel memiliki perbedaan yang cukup jauh, maka dapat di simpulkan bahwa kondisi battery kalian kurang baik. Tapi jika nilai dari keduanya adalah sama atau memiliki tingkat perbedaan yang tidak cukup jauh, maka berarti kondisi battery laptop kalian masih sehat dan normal.
Nah itu dia tutorial cara cek kondisi kesehatan battery kita, cukup mudah kan.?

Bagaimana Cara Merawat Battery Laptop Agar Awet  ?

  • Charger Laptop
    Gunakanlah charger yang original dari laptop kalian, ini berfungsi untuk menjaga kestabilan arus listrik yang masuk ke battery laptop kalian guys.
  • Jangan Biarkan Battery Laptop Habis Sampai 0%
    Jangan sampai kita menggunakan laptop hingga battery benar-benar habis, inilah fungsi dari peringatan battery dari laptop kalian.
  • Charger Dalam keadaan Mati
    Kami menyarankan saat laptop tidak digunakan, maka silahkan matikan laptop dan charge laptop kalian.
  • Cabut Charge Jika Battery Sudah Penuh
    Jangan biarkan charger laptop terus terhubung saat kondisi battery sudah penuh 100%, segera cabut charger kalian bilamana battery sudah terisi 100%.
nah itu dia tips dari penulis untuk menjaga kesehatan battery laptop kita, meskipun cara nya cuma sedikit, akan tetapi cara tersebut telah penulis buktikan dan dapat dibilang cukup ampuh untuk merawat battery laptop kita. 

Administrator
Administrator Bermodalkan nekat dan ilmu pengetahuan berdasarkan pengalaman pribadi, saya memberanikan diri untuk tampil ke publik dalam hal memberikan layanan informasi dan tutorial.

Tidak ada komentar untuk "Wajib Diketahui 4 Cara Merawat Battery Laptop dan Cara Cek Kesehatan Battery Laptop"