Pengertian Algoritma, Ciri Ciri dan Contoh Algoritma

Algoritma Adalah Teknik Penyelesaian Masalah Secara Berurutan dan Tersusun Logis


Sudah menjadi hal yang tak asing bagi para Developer ataupun anak Teknik Informatika dengan kata Algoritma ini, ini dikarenakan Algoritma adalah dasar dari ilmu Informatika. Lantas Algoritma itu apa sih? ciri-ciri dari algoritma itu apa saja ?

Semua pertanyaan-pertanyaan diatas akan saya jabarkan pada artikel ini dengan jelas serta dengan sumber yang jelas juga tentunya. Seluruh informasi dari artikel ini ditulis dan di edit sendiri oleh penulis dan sumber dari artikel ini di ambil dari Wikipedia.

PENGERTIAN ALGORITMA

Menurut saya pribadi Algoritma adalah teknik penyelesaian masalah yang dibentuk secara berurutan dan disusun dengan logis dan sistematis serta menghasilkan suatu output atau hasil penyelesaian masalah. So simpel? saya akan berikan contoh dari penggunaan algoritma secara sederhana nanti.

Sedangkan menurut wikipedia, Dalam ilmu komputer dan matematika, algoritme adalah prosedur langkah-demi-langkah untuk penghitungan. Algoritme digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis. (Wikipedia)

Algoritme adalah metode efektif diekspresikan sebagai rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik untuk menghitung sebuah fungsi.(Wikipedia)

CIRI CIRI ALGORITMA

Algoritma memiliki ciri yakni:
  • Memiliki urutan yang logis
  • Memiliki nilai awal(input) atau rumusan masalah
  • Memiliki proses penyelesaian
  • Memiliki output atau hasil yang sesuai dengan rumusan masalah

CONTOH ALGORITMA

Algoritma Pembuatan Secangkir Kopi, Dalam kasus ini kita perlu mengetahui terlebih dahulu peralatan apa saja yang akan digunakan dalam melakukan proses pembuatan kopi, contohnya 1 kemasan kopi, gula, sendok, air panas, dan cangkir. Setelah itu disusunlah sebuah algoritma seperti berikut:
  • Mula-mula siapkan bahan terlebih dahulu
  • Tuangkan air panas kedalam cangkir
  • Buka kemasan kopi dan tuangkan kedalam cangkir
  • Tambahkan sedikit gula pada cangkir
  • Aduk racikan kopi dengan menggunakan sendok
  • Pembuatan secangkir kopi telah selesai dan siap diminum.
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa penyusunan Algoritma harusla tersusun logis, sistematis, dan berurutan. Contoh algoritma diatas ini merupakan sebuah urutan atau susunan Algoritma sederhana, guna mempermudah pembaca dalam menyerap informasi yang disediakan oleh penulis.
Administrator
Administrator Bermodalkan nekat dan ilmu pengetahuan berdasarkan pengalaman pribadi, saya memberanikan diri untuk tampil ke publik dalam hal memberikan layanan informasi dan tutorial.

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Algoritma, Ciri Ciri dan Contoh Algoritma"