Cara Mengatasi Wireless Can't Connect to This Network

 Jangan Dibawa Ke Tukan Service, 5 Cara Ini Dapat Mengatasi Wifi Can't Connect to This Network


Wireless atau yang biasa kita sebut dengan wifi merupakan suatu kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang, bagaimana tidak, dengan Wifi ini kita dapat mengakses internet secara bebas tanpa harus menghawatirkan akan kuota internet.

Terlebih lagi untuk penggunaan komputer atau laptop, wifi memiliki peranan yang sangat penting untuk perangkat tersebut. Namun tak selalu konektifitas dari wifi dapat berjalan lancar seperti biasanya. Ragam permasalahan dari wifi pun bermacam-macam, dan salah satunya adalah Komputer dapat mendeteksi adanya jaringan wifi disekitarnya, akan tetapi tidak dapat terhubung dengan Wifi tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut terkadang kita perlu membawa komputer kesayangan kita ke tempat service komputer, yang sebenarnya ini dapat kita atasi sendiri. Pada kasus kali ini tentu kita dapat mengatasi permasalahan ini sendiri karena sudah dapat dipastikan bahwa tidak terjadi suatu permasalahan pada perangkat keras komputer kita, hal ini dikarenakan konfigurasi, driver, atau terjadinya bug pada komputer. Begini beberapa cara untuk menyelesaikan permasalahan ini:
  1. Restart Komputer
    Restart komputer merupakan cara pertama yang wajib kita coba, ini dapat membantu apabila permasalahan yang didapatkan hanya karena adanya sebuah bug.

  2. Uji Dengan Hotspot
    Perlu dipastikan juga apakah permasalahan ini dikarenakan wifinya atau komputer kita yang bermasalah. Dengan cara menggunakan hotspot dari Handphone kita, tentu dapat menjadikan kesimpulan apabila jika komputer tidak terhubung dengan hotspot dari Handphone kita, maka itu berarti Komputer kita yang bermasalah.

  3. Restart Adapter Wifi
    Tekan logo windows pada keyboard, kemudian ketikkan "Control Panel", Masuk ke Network and Internet, Kemudian Klik Network and Sharing Center, dan klik Change Adapter Setting. Dari sini akan ada tampilan adapter yang digunakan oleh komputer kita. 

    Klik kanan adapter Wifi, dan pilih disable, kemudian klik kanan lagi dan pilih Enable. Jika sudah coba hubungkan kembali wifi kalian.

  4. Cek Driver
    Driver adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai media penghubung antara komputer dengan perangkat keras wifi. Driver ini lah yang membantu processor untuk berinteraksi dengan perangkat keras wifi kita. 

    Cek driver dengan cara tekan windows, tulis "Device Manager", Kemudian cari network adapter, dan pada bagian sub network adapter cari salah satu driver dengan kata Wireless. 

    Apabila driver memiliki tanda "!" maka berarti driver bermasalah, jika tidak tetap ikuti saja langkah ini. Klik kanan driver wireless, kemudian klik update driver, pilih browse my computer driver, dan klik Let me pick form a list of available drivers on my computer, dalam kotak model akan ada list beberapa driver yang dapat digunakan, pilih salah satunya kemudian klik next, tunggu installasi selesai dan klik close. Sekarang coba lah wifi kalian kembali.

  5. Install Ulang Driver
    Download driver wifi laptop kalian dengan cara tuliskan pada google "Download Driver Wireless Laptop ASUS X555QA (pakai merk laptop kalian), kemudian silahkan kalian cari di official penyedia driver laptop kalian, kemudian download dan install, terakhir jika sudah silahkan coba wifi kalian kembali.
Demikian tutorial kali ini, semoga dapat membantu.
Administrator
Administrator Bermodalkan nekat dan ilmu pengetahuan berdasarkan pengalaman pribadi, saya memberanikan diri untuk tampil ke publik dalam hal memberikan layanan informasi dan tutorial.

Tidak ada komentar untuk "Cara Mengatasi Wireless Can't Connect to This Network"