Cara Mengubah Blogspot ke Domain Sendiri - Zona Tutorial

Cara Mengubah Blogspot ke Domain Sendiri

Cara Mengubah Domain Blogspot Menjadi Custom Domain 


Blogger atau yang juga dapat disebut dengan web log adalah bentuk tulisan yang dimuat sebagai posting pada halaman web. Tulisan tersebut biasanya dimuat dengan urutan yang terbalik, maksudnya urutan yang terdapat web tersebut di tampilkan dengan urutan postingan terbaru kemudian di ikuti oleh isi postingan yang lebih lama yah meskipun hal ini tidak akan selamanya seperti itu. Situs website seperti ini biasanya dapat di akses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan pengguna blog. 

Pada zaman ini blogspot atau blogger merupakan salah satu web log terfavorit untuk para pengguna yang ingin membuat blog, hal ini dikarenakan platform ini dapat di akses oleh pengguna secara gratis dan juga mudah untuk digunakan pastinya. Pada umumnya blogspot yang telah dibuat memiliki atau menggunakan subdomain sebagai alamatnya. Kekurangan dari subdomain blogspot ini akan membuat alamat web pengguna menjadi panjang dan kurang menarik, akan tetapi hal tersebut dapat kita atasi dengan cara memberikan alamat web yang baru. Pada topik pembahasan kali ini, kita akan sharing tentang bagaimana Cara mengganti domain blogspot ke domain lain. 

Cara mengganti domain blogspot menjadi domain .com

Sebelum kita masuk ke pembahasan ada baiknya kita menyiapkan dulu salah satu alat penting yang nantinya akan kita gunakan untuk mengganti alamat web atau blog kita. Menurut wikipedia, Nama Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. 

Domain dapat didapatkan di beberapa website yang menjual domain dan biasanya di ikuti dengan penjualan server dan hosting, sebagai contoh cangkirhost.net. Apabila domain telah siap maka kita dapat melanjutkan tutorial ini ke step selanjutnya.

1. Setting Blogspot
Pertama-tama buka blogspot kemudia masuk ke menu setelan atau setting. 
2. Siapkan URL
Masuk ke halaman Setelan ==> Dasar, Kemudian teks berwarna biru yang bertuliskan "+Siapkan URL pihak ketiga untuk blog anda".
3. Input Domain
Masukkan alamat domain yang telah kita daftar, pastikan anda menuliskan www di depannya (www.example.com) untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

4. CNAME CODE
Perhatikan gambar yang telah kami tandai dibawah ini, kode tersebut merupakan kode Cname yang nantinya akan digunakan untuk menghubungkan domain dengan blog kita.  
5. Layanan Domain
Masuk ke halaman penyedia layanan hosting dan domain yang telah kalian pilih, kemudian pilih menu kelola DNS atau Manage DNS


6. Input CNAME Code
Masukkan ke dua CNAME Code yang telah didapatkan di halaman blogspot tadi ke beberapa kolom di bawah ini, anda dapat mengisikan Cname pertama yakni dengan Hostname : www dan Value : ghs.google.com. untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

Pilih Submit, Kemudian dilanjutkan dengan Cname ke 2, Tulislah Cname code kedua kemudian pilih submit.


7. Simpan Setelan
Apabila proses setting DNS telah selesai, silahkan kembali ke halaman blogspot kemudian pilih tombol simpan. 


8. Finish
Jika proses penyimpanan alamat domain yang baru telah selesai, maka tunggulah beberapa menit kemudian buka halaman utama blog anda menggunakan alamat yang baru.


-Good Luck-

Sekian tutorial cara mengubah nama blogspot kali ini, Kami mengucapkan banyak-banyak terimakasih atas kunjungan anda ke website kami, kami berharap artikel ini dapat bermanfaat sebagaimana mestinya untuk anda dan juga masyarakat. 

0 Komentar