7 Tips Jitu Menentukan Jurusan SMK


Tips Memilih Jurusan


Pendidikan merupakan hal penting untuk mensupport cita-cita manusia, ada banyak berbagai macam pekerjaan di dunia ini begitu juga jurusan yang ada pada pendidikan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

Dalam memilih jurusan di SMK kita patut memikirkan nya dengan baik agar kita tidak sampai merasakan salah jurusan saat masuk di bangku sekolah, di SMK kita di didik untuk siap bekerja banyak sekali praktik yang akan kita kerjakan disana.

Dalam menggapai cita-cita kita patut paham akan syarat sebagai kemampuan dasar dari cita-cita kita, seperti halnya jika anda ingin bekerja sebagai programmer maka anda harus paham apa itu algoritma, contoh lain seperti fotografer kita juga patut paham skill basik dari fotografer. Oleh karena itu kami memberikan tips dalam memilih jurusan di SMK.

1. Do'a
Hehehe, loh kok yang pertama ?. Saya tau untuk sebagian orang ini aneh. Tp percayalah pada tuhan kalian guys. Berdo'a lah untuk meminta saran kepada tuhan, bahwasannya kalian lebih cocok di jurusan apa, dan berdoalah agar di setiap keputusan yang akan kalian ambil, dapat membuahkan hasil yang sesuai dan tidak mengecewakan. Amin.

2. Cita-Cita
Pahamilah apa cita-cita kalian terlebih dahulu, semua orang memiliki cita-cita yang bagus, begitupun kalian. Sebagai contoh jika saya sebagai penulis bercita-cita ingin menjadi editing film, maka jurusan yang seharusnya saya ambil adalah multimedia.

3. Menjadi Diri Sendiri
Ini sangat penting jangan sampai kita memilih jurusan hanya karena ikut teman-teman, proses kehidupan masih sangat panjang untuk kalian, jika kalian mengambil keputusan seperti ini maka yang ada kamu akan salah jurusan nantinya guys. Ingat baik-baik kalian tidak dapat mengulangi pendaftaran sekolah SMK untuk kedua kalinya, jadi pikirkan baik-baik.

4. Imajinasi Tanpa Pengetahuan
Dalam memilih jurusan kita harus menyesuaikan dengan cita-cita yang kita miliki itu benar, tapi bukan berarti kita hrus menyesuaikan dengan pekerjaan yang ada pada imajinasi kalian guys. Sebagai contoh ada seorang anak berimajinasi bekerja di kantor, maka dia mengambil jurusan TKJ, ini merupakan hal yang salah.

Kita sepatutnya mencari tau terlebih dahulu dari pengalaman orang lain, di zaman sekarang ini gampang kok ada youtube, ada google juga kan. Contoh pekerjaan seorang desain grafis ngapain aja sih, pekerjaan nya editing film ngapain aja. Cari tau dulu cita-cita kalian bakalan ngerjain apa, jangan berimajinasi diluar dari fakta pekerjaan itu.

5. Bakat dan Minat
Sesuaikan jurusan dengan bakat dan minat kalian, setiap individu diciptakan dengan bakat yany berbeda-beda, cobalah untuk mengingat-ingat dan meneliti kehidupan anda sebelumnya, kira-kira kalian memiliki bakat apa. Jika kalian berbakat memodifikasi kendaraan maka coba untuk masuk ke teknik mesin atau kendaraan ringan.

6. Memahami Jurusan
Okay kalian sudah tau cita-cita kalian, kalian sudah tau nih bakat dan minat kalian, kalian juga sudah tau persyaratan dasar yang harus kalian miliki untuk menggapai cita-cita. Nah itu belum cukup loh guys, hehe. Kita patut memahami terlebih dahulu nih jurusan yang akan kita ambil.

Manfaatkan media online sebagai sumber informasi, carilah informasi tentang apa yang akan kalian pelajari di jurusan itu, dan sesuaikan lah dengan cita-cita dan bakat kalian tadi.

7. Konsultasi
Mintalah pendapat orang tua, buka lah apa yang telah kalian pikirkan dan ungkapkan lah apa keputusan kalian guys. Orang tua kalian punya banyak pengalaman, setidak-tidaknya manfaatkanlah itu dengan baik. Coba bertanya kepada orang tua kalian tentang apa yang telah kita bahas tadi, dan coba bertanya kepada orang tua kalian soal jurusan yang akan kalian pilih. Orang tua tidak akan memberikan pendapat yang salah untuk anak-anaknya.


Nah dari beberapa tips tadi seharusnya kalian telah mengambil keputusan nih bakal ngambil jurusan apa. Sedikit pesan untuk kalian, jangan berkecil hati jika kalian belum menguasai keahlian yang searah dengan cita-cita kalian, kalian masih dalam proses pembelajaran kok. Jadi belajar lah dan terus belajar, jangan ngeluh dan berfikir negatif, percayalah tidak ada ilmu pengetahuan yang berakhir dengan sia-sia. Semangat guys :).

Administrator
Administrator Bermodalkan nekat dan ilmu pengetahuan berdasarkan pengalaman pribadi, saya memberanikan diri untuk tampil ke publik dalam hal memberikan layanan informasi dan tutorial.

Tidak ada komentar untuk "7 Tips Jitu Menentukan Jurusan SMK"