10 Cara Sederhana Agar Bisa Rajin Sholat


Cara Agar Tidak Malas Sholat 5 Waktu


Sholat merupakan kewajiban yang harus dikerjakan oleh seluruh umat islam, kita sebagai umat islam pasti telah mengetahui hal tersebut dengan baik. 

Akan tetapi banyak sekali ragam godaan dan begitu besarnya rasa malas untuk mengerjakan kewajiban itu, hal ini membuay kita terbiasa untuk tidak melakukan sholat dan kebiasaan ini pun akan semakin mendarah daging jika kita tidak segera merubahnya. 

Banyak sekali di antara kita yang telah berusaha agar dapat rajin beribadah, akan tetapi kita kembali lagi ke jalan yang salah. Begitupun juga saya, saya juga merasakan hal tersebut. Tapi jangan sampai kita menjadi patah semangat, dan membiarkan kebiasaan meninggalkan kewajiban ini semakin mendarah daging. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang telah saya kerjakan, dan alhamdulillah berdampak baik bagi saya. 

1. Niat Untuk Berubah
Teguhkan niat anda, besarkan niat anda, dan timbulkan lah semangat pada diri anda agar anda menjadi lebih bersemangat lagi dan lagi. 

Berubah bukan lah hal yang mudah, dan berubah membutuhkan niat yang sangat besar karena begitu banyak godaan yang akan kita rasakan nantinya, jadi persiapkan lah diri anda dengan niat dan semangat yang tinggi. 

2. Pastikan Uang Anda
Loh kak ? Apa hubungan nya ?, Jadi gini guys. Kita semua pastilah sudah mengetahui bahwasannya uang yang didapatkan dengan cara yang salah atau uang haram akan berdampak negatif pada kehidupan kita. Begitu juga yang dikatakan oleh Al-Qur'an pada Surah Albaqarah Ayat 168. 
Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; Karena sesungguhnua syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu. (Qs: Albaqarah, Ayat ke 168)
Nah itu Al-Qur'an yah yang bilang, bukan saya loh. Dan sedikit tambahan, saya pernah merasakan hal tersebut. Tepat pada bulan mei 2020 saya mulai rajin beribadah, pada bulan juli saya tak memiliki uang sepeserpun, jadi saya mencoba menghalalkan segala cara agar mendapatkan uang. 

Dan yang terjadi pada saya adalah saya semakin malas mengerjakan sholat, dan entah kenapa saya juga sering sekali tidak dapat melakukan sholat dengan khusyuk. Jadi usahakanlah untuk memakan makanan dan minuman dari penghasilan yang baik, susah memang tapi pasti bisa kok, semangat teman-teman. 

3. Memulai Dari Yang Mudah
Mulailah dari sholat yang mudah dikerjakan, seperti sholat maghrib yang biasanya diwaktu itu kita sedang bersantai. Jika kalian adalah seorang pekerja yang sangat aktif cobalah untuk mencari celah lain, yang sesuai dengan waktu luang anda, dan jangan lupa berdoa agar dibantu oleh alloh dalam mengerjakan sholat 5 waktu. 

Jika kalian telah memulainya dari yang termudah, kalian dapat lanjut nih ke sholat lainnya. Step by step intinya, pelan tapi pasti, pelan tapi konsisten. Terus perbaiki setiap harinya, kalo hari ini bolong 3, besok yah jangan sampai bolong 4, kalo bisa yah di kurangin bolong nya. 

4. Mencari Penyemangat
Nah kak ? Gak salah nih ? Bukan nya sholat harus dilakukan karena alloh ? Yup, itu memang benar, tapi jika kita sholat karena sesuatu bukan berarti ibadah kita tidak diterima oleh alloh kan ?

Saat proses perubahan iman kita dapat melakukan dengan cara apapun, entah itu sholat karena ada inginnya, entah itu sholat karena doi, atau karena ingin di puji. Kita lakukan saja, jangan terpengaruh pembicaraan orang yang mengatakan sholat bukan karena alloh, sholat ga di terima. 

Fokus, kalian ingin berubah kan, alloh itu maha pemurah kok, jadi jangan kuatir tuhan kita itu super-super baik. Dengan cara ini lambat laun kalian pasti akan terbiasa sholat meskipun proses awalnya kalian sholat karena sesuatu, tapi jika sudah terbiasa kalian akan merasakan sesuatu yang kurang jika kalian tak melakukannya. Semangat yah guys. 

5. Jangan Menunda
Woii, inget kalian ingin di bantu kan sama alloh, agar kalian bisa menjalankan sholat 5 waktu dengan rajin. Jadi jangan di tunda-tunda yah, yah masa iya kalian udah minta tolong eh kita udah waktunya sholat kalian nya nunda-nunda, kan kasian, alloh loh nunggu kamu sholat. Loh iya kah kak ? Wes tah anggep ae gitu, biar semangat :). Kurang spesial apa kamu, sampe di tungguin sama alloh ketika adzan sudah dikumandangkan. 

Menunda waktu sholat dapat mengakibatkan kebiasaan buat kalian guys, inget apa penyebab orang-orang diluar sana ketagihan narkoba ? Karena mereka mencoba kan ?, Akhirnya ke enakan dan keterusan. Nah ini pun sama, kalo emang nggak sibuk jangan di tunda sholat nya guys, langsung berdiri dan inget kita di tungguin dan di awasin sama alloh. 

6. Jangan Pernah Mencoba Tidak Sholat
Menunda aja udah jangan apalagi gak sholat, ya gak sih? Ingat seseorang akan terbiasa ketika mereka telah mencoba, apalagi yang dicoba adalah hal yang ga bener kaya gini. 

7. Bereskan Dendam
Ini apa lagi kak wkwkwk, guys kalian ini sedang menghadap kepada sang pencipta, tuhan yang sangat-sangat pemaaf. Jika kalian masih memiliki dendam dengan orang lain, kalian akan susah menjadi lebih dekat sama alloh, pasti ada aja goda'an nya nanti. Jadi sebisa mungkin maafkan mereka, tapi susah loh kak. Saya tau kok, tp berusaha aja dulu yah :) 

8. Teman Yang Rajin Sholat
Teman adalah faktor utama akan perubahan kehidupan, jika kalian belum menemukan teman yang rajin beribadah, maka sekarang cobalah untuk mencari mereka, ini akan membuat proses perubahan anda semakin mudah pastinya. 

Jika kalian sudah memiliki teman yang rajin sholat akan tetapi kalian merasa hubungan kalian kurang baik, maka segera perbaiki hubungan kalian guys. 

9. Fokus Pada Tujuan
Nah untuk sebagian orang yang merasa, kak saya pengen rajin sholat tapi saya ga bisa bacaan nya. Belajar bro, bacaan ayat pendek sangay banyak kok, dan satu lagi yang penting lakukan. 

Learning by doing, kalian bisa manfaatkan sholat berjamaah, di tempat kalian pasti ada kan masjid atau mushollah. Loh kak tempat saya terpencil masjidnya jauh, tetap lakukan meskipun sholat sendirian, sebisa-bisa nya kamu. 

Gaperlu takut, nanti alloh sendiri yang akan membantu melancarkan bacaan sholat kamu, tapi yah sambil belajar yah bro. Just do it, kalo urusan nya udah sama alloh mah, gausah banyak tapi-tapi'an. Pokoknya Just do It, dan jangan sampai lupa belajar dan berdo'a juga, minta bantuan sama alloh agar dipermudah jalan menuju perubahan kalian. 

10. Sholat Dimanapun Meski Sedang Kumpul
Jika kalian berada di kondisi dimana kalian sedang berkumpul dengan teman, atau dengan siapapun yang dimana orang-orang disekitar kalian jarang atau bahkan tidak pernah melaksanakan sholat. Kalian gaperlu malu dan sungkan buat pamit untuk pergi ke masjid atau mushollah, mereka loh gabakalan mempermalukan kamu santuy saja. 

Tapi jika memang malu cobalah untuk mencari alasan untuk pergi keluar saat hendak melakukan sholat. Ini juga sering saya lakukan kok, biar ga keliatan alim dimata mereka kan :).

Nah itu tadi cara agar dapat rajin beribadah dari kami, kok beda kak yah, dan aneh-aneh tips nya. Iyah karena ini berdasarkan pengalaman saya, bukan berdasarkan buku atau berdasarkan katanya. Coba aja dulu, pasti ada hasilnya kok. Semangats dan jangan patah semangat :). 
Administrator
Administrator Bermodalkan nekat dan ilmu pengetahuan berdasarkan pengalaman pribadi, saya memberanikan diri untuk tampil ke publik dalam hal memberikan layanan informasi dan tutorial.

Tidak ada komentar untuk "10 Cara Sederhana Agar Bisa Rajin Sholat"